Penerapan Collaborative Learning Berbasis Ethnomatika Pola Bagas Godang Tapsel Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Siswa Kelas VII-I

  • Fitria Jelita unversitas graha nusantara
  • Nurdalilah Unversitas Graha Nusantara
  • Adek Nila Sari Harahap Unversitas Graha Nusantara
  • Susi Silastri Lubis Unversitas Graha Nusantara
Keywords: Collaborative Learning, Ethnomathematics, Bagas Godang Pattern of South Tapanuli, Students’ Creativity

Abstract

The research method used was Classroom Action Research (CAR) conducted in two cycles during the second semester with the topic Quadrilaterals, applying the Collaborative Learning model based on Ethnomathematics of the Bagas Godang Pattern of South Tapanuli. This study aimed to determine: (1) the improvement of students’ creativity, (2) the enhancement of students’ learning activity, and (3) the improvement of teachers’ ability in applying the model. The research subjects were Grade VII-1 students of SMP Negeri 5 Padangsidimpuan in the 2024/2025 academic year. The results showed an increase in students’ creativity from 70% (“Fair” category) in cycle I to 86.67% (“Good” category) in cycle II. Students’ learning activity also improved from 67.42% (“Fair”) to 83.91% (“Good”). Teachers’ performance in implementing the model increased from 3.50 to 3.68 (“Good” category). These findings prove the effectiveness of the model in improving the quality of mathematics learning.

References

Ahmad, Susanto. 2017. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Prenamedia Grup.
Ariswara, Farida, 2016. Aplikasi model collaborative learning dalam materi himpunan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIIE SMP Negeri 10 salatiga. Skripsi: Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Kristen Satya Wacana.
Chiang, C.L dan H. Lee. 2016. The Effect of Project-Based Learning on Learning Motivation and Problem- Solving Ability of Vocational High School Students. International Journal of Information and Education Technology, Vol. 6(9): halaman 709-711.
Fajriyah. 2018. Peran Ethnomatika Terkait Konsep MatematikaDalam Mendukung Litrasi. In. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol 1, pp.114-119).
Fauzi & Lu’luilmaknun. 2019. Ethnomatika Pada Permainan Dengklaq Sebagai Media Pembelajaran Matematika. AKSIOMA : Jurnal Program Studi pendidikan Matematika, 8(3), hl, 408-419.
Febriani, K. 2019. Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Ethnomatika Dengan Konteks Motif Songket Palembang ( doctoral dissertation, Sriwijaya University).
Hendriana, H., Euis E. R. & Utari S. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
Husna Peni, Apiek, dkk. 2017. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini dalam Keluarga.
Indrajati, R, & Ngazizah. 2018. Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Dan Pemahaman Siswa SD Muhammadiyah Purworejo. Jurnal Dialektika Jurusan PGSD, 8(2), 111-117.
Irawan & Kencanawaty. 2017. Implementasi Pembelajaran MatematikaRealistik Berbasis Ethnomatika. Journal of Medives : Journal of Matematics Education IKIP veteran Semarang, 1(2), hlm, 74-81.
Istarani & Muhammad Ridwan. 2015. 50 Tipe Pembelajaran Cooperatif.Medan : Media Persada.
Kurniasari, I. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Jakarta: Kata Pena.
Morgi Dayana. 2015. Pengaruh Aktivitas Pembelajarandengan Metode Collaborative Learning Terhadap Perkebangan Sosial Emosional Anak. Skripsi, Lampung: Universitas Lampung.
Muhammad & Novitasari. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis EthnomatikaUntuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(1), hlm, 80-93.
Nana Sudjana. 2019. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Algensindo
Rhamayanti, Yuni & Nurdalilah. 2018. Pembelajaran Dengan Pendekatan Open Ended Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis. Jurnal PeTeKa. 1(3), hlm 160-170.
Daulay, P. P., & Nurdalilah, N. (2025). EFEKTIVITAS MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 311-327.
Richardo. 2017. Peran Ethnomatika Dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013. Literasi (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), hlm.118-125.
Rudyanto & Pratiwi. 2019. Ethnomatika Budaya Jawa : Inovasi Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), hlm, 25-32.
Slameto. 2017. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka
Sugiyono. 2015. 2017. 2018. 2019. 2020. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Harahap, A. N., Bentri, A., Musdi, E., Yerizon, Y., & Armiati, A. (2024). Analysis of students' critical thinking skills in solving mathematics problems in terms of students' initial ability. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 7(1), 39-52.
Sulastri, S, Nurdalilah, Rayana. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (Pbi) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pokok Bahasan Persamaan Linear Satu Variabel Di Ponpes Salapiah Gunung Silayang-Layang. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(2), hlm 44-50
Thahir, Muhy. 2022. Pengunaan Geometri Terhadap Hasil Belaljar Matematika Murid Ceberal Palsy Kelas VI di SLB Negeri 1 Makassar.
Tambun, Sirait & Simamora. 2020. AnalisisYuridis Hak Dan Keajiban Warga Negara atas Pendidikan Menurut Undang-Undang Nomor20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Visi Sosial Hmaniora, 1(1), 84 – 92. https://doi.org/10.51622/vsh.v1i1.27
Wulandari. 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV MIN Miruk Taman Aceh Besar. Skripsi. Aceh: Universitas Negeri Ar-raniry Darussalam-Banda Aceh.
Yudit Ayu respati. 2018. Collaborative Learning Dalam Upaya Peningkatan Keaktifan Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Efesiensi- Kajian Ilmu Administras, Volume XV, No. 2, hlm. 20-21
Zainuri,Z & Dwidayanti,N. 2018. Menggali Ethnomatika: Matematika sebagai Produk Budaya. In. PRISMA. Prosiding Nasional Matematika (Vol.1, pp.471-476)
Published
2025-10-09
How to Cite
Fitria Jelita, Nurdalilah, Adek Nila Sari Harahap, & Susi Silastri Lubis. (2025). Penerapan Collaborative Learning Berbasis Ethnomatika Pola Bagas Godang Tapsel Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Siswa Kelas VII-I . JURNAL CERMATIKA, 5(2), 84-92. https://doi.org/10.64168/cermatika.v5i2.1669