ANALISA KINERJA SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL PADA JALAN SISINGAMANGARAJA JALAN PORTIBI GUNUNGTUA KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA

  • Rahmad Rifai Martua Harahap universitas graha nusantara
  • Sahrul Harahap Universitas Graha Nusantara
  • Wirna Arifitriana
Keywords: Kinerja Simpang, Simpang Tiga, Gunung Tua

Abstract

: Simpang Sisingamangaraja Jalan Portibi Gunungtua Kabupaten Padang Lawas Utara merupakan pertemuan antara jalan kota dengan jalan nasional. Aktifitas yang terjadi pada persimpangan ini sangat mempengaruhi kelancaran arus lalu lintas yang melintasi simpang ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagamana kinerja simpang, nilai kapasitas simpang, serta tingkat pelayaan persimpangan tersebut. menganalisis kemacetan simpang yang terjadi terhadap arus lalu lintas. Pengambilan data arus kendaraan dilaksanakan selama 7 hari dengan tiga waktu berbeda. Yakni pada pagi hari pukul 06.30 wib sampai 08.30 wib, pada siang hari pukul 11.00 wib sampai 13.00 wib dan pada sore hari pukul 16.00 wib sampai dengan 18.00 wib. Penelitian dilakukan pada senin tanggal 13 Mei 2024 sampai dengan Minggu 19 mei 2024. Data yang diambil adalah jumlah arus kendaraan, lebar jalan, dan jumlah penduduk. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan MKJI (2017). Hasil analisis menunjukan bahwa kondisi simpang tiga jalan sudirman sadabuan saat ini memiliki kapasitas, (C) sebesar 2253,19 skr/jam, derajat kejenuhan (Dj) sebesar 0,475, dan tundaan (T) sebesar 9,64 det/skr memiliki hambatan samping rendah (L), serta rentang nilai peluang antrian (QP) sebesar 10% - 34%. Dengan tingkat pelayanan pada simpang tersebut memiliki nilai C dengan karakteristik simpang memiliki arus stabil dan kecepatan dikontrol oleh lalu lintas. Dengan demikian Simpang Sisingamangaraja Jalan Portibi Gunungtua Kabupaten Padang Lawas Utara perlu adanya perbaikan dan peninjauan ulang kembali sehingga diharapkan dapat menguranngi antrian pada persimpangan tersebut.

References

Adinugraha, A. (2019). Evaluasi Kinerja Simpang Tak Bersinyal (Studi Kasus Jl. Tambun Bungai–Jl. RA Kartini, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah) (Doctoral dissertation, ITN Malang).

Bahari, S. (2017). Analisis Kemacetan Simpang Tiga Tak Bersinyal di Jalan Klambir 5–Jalan Stasiun Lama Medan (Studi Kasus) (Doctoral dissertation).

Highway Capacity Manual, 1985, Special Report 206, Transportation Research Board, Washington D.C.: National Research Council.

Kementerian Pekerjaan Umum, 1999, Jenderal Bina Marga No. 76/KPTS/Db/1999, Pemeliharaan Rutin Jalan Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Kementerian Pekerjaan Umum, 2017, Direktorat Jenderal Bina Marga, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), 201. Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.

Morlok E.K (1981). Pneumo-capsule Pipelines as an Inovation in Transportation. Netherlands.

Sembiring, A. T. B., Maki, T., & Delarue, J. (2021). Analisis Kinerja Lalu Lintas Terhadap Pengoperasian Angkutan Umum Di Ruas Jalan Santiago. Jurnal Ilmiah Media Engineering, 11(3).

Waris, M. (2018). Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 1(1), 46-54.
Published
2025-03-05