PENGARUH GEOMETRIK JALAN RAYA DAN KELENGKAPAN RAMBU LALU LINTAS TERHADAP KECELAKAAN (Studi Kasus: Jalan Raja Inal Siregar Sta. 7+350 – Sta. 8+850)

  • Arbain Parningotan Universitas Graha Nusantara
  • Ahmad Rafii Universitas Graha Nusantara
  • Afniria Pakpahan Universitas Graha Nusantara
Keywords: Jalan, Geometrik, Kecelakaan, Kecepatan, Rambu

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode bedasarkan pedoman desain geometrik jalan dari Bina Marga yang akan dibandingkan dengan geometrik jalan yang tersedia di lapangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui daerah rawan kecelakaan diruas. jalan Lintas Raja Inal Siregar, untuk mengetahui bagaimana hubungan geometrik jalan terhadap kecelakaan lalu lintas, untuk mengetahui pengaruh kelengkapan rambu lalu lintas terhadap kecelakaan. Dari beberapa hasil peneletian yang dilakukan menunjukkan tedapat satu lokasi daerah rawan kecelakaan berdasarkan perhitungan dari nilai EAN yang lebih besar dari nilai EANc, terdapat jari – jari tikungan di lapangan lebih kecil dari jari – jari minimum berdasakan kecepatan rata – rata kendaraan yang melalui, nilai superelevasi dibeberapa tikungan lebih redah dari nilai superelevasi rencana, dan daerah kebebasan samping yang tersedia lebih kecil dari daerah kebebasan samping bedasarkan perhitungan jarak pandang henti yang tersedia, dan tidak adanya rambu – rambu lalu lintas pada ruas jalan Raja Inal Siregar Sta. 7+350 – Sta. 8+850

References

Agus Sumarsono, Dkk., “ Model Kecelakaan Lalu Lintas Di Tikungan Karena Pengaruh Konsistensi Alinyemen Horizontal Dalam Desain Geometri Jalan Raya”, Jurnal Media Teknik Sipil, Vol. X, No,2, 2010..
Aldrin Ferdinandus, “Perencanaan Geometrik Dan Tebal Perkerasan (Analisa Komponen Method) Pada Ruas Jalan Masiwang- Airnanang Kabupaten Seram Bagian Timur Stn 40 + 000 – 43 + 000”, JurnalManumata, Vol. 3, No. 1, 2017.
“Andheto.S. "
Anonim, Peratura Pemerintah Nomor 43 Tahun 1993 Tentang Sarana dan Prasarana Lalu Lintas Jalan, 1993.
Dephub Ri, Kecelakaan Lalu Lintas Tempati Urutan Tiga Penyebab Kematian, Jakarta: Pusat Komunikasi Publik, 2001.
Direktorat Jendral Bina Marga, Surat Edaran Nomor 20/SE/Db/2021 Tentang Pedoman Desain Geometrik Jalan, 2021.
Elly Tri Pujiastutie, “Pengaruh Geometrik Jalan Terhadap Kecelakaan Lalu Lintas Di Jalan Tol ( Studi Kasus Tol Semarang Dan Tol Cikampek)”, Tesis,Semarang: Universitas Diponegoro, 2016.
Hanafiah & Sulaiman, Rekayasa Jalan Raya, Yogyakarta : Andi, 2018.
Https://kitakini.news/64269/kecelakaan-tunggal-truk-bermuatan-alat-berat-kaki-sopir-diamputasi/ diakses tgl 19 Mei 2022
Marsaid & Dkk, “Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas Pada Pengendara Sepeda Motor Diwilayah Polres Kabupaten Malang”, Jurnal Ilmu Keperawatan, Vol. 1, No. 2, 2013
Published
2025-03-08